Senin, 29 Agustus 2011

Struktur Bridge Kontrak

    Pada setiap permainan bridge ada dua kegiatan,tawar-menawar dan bermain. Tawar-menawar merupakan semacam ramalan, apa yang akan terjadi dalam suatu permainan. Dengan kata lain, kita membuat janji-janji selama tawar-menawar dan kita harus menepati janji tersebut selama permainan. Apabila kita dapat menepatinya, maka kita akan dapat point,jika tidak,maka lawanlah yang akan dapat point.
    Akan kita lihat cara kerjanya dengan sebuah contoh. Dalam diagram dibawah in N (North) dan S (South) adalah partner, bermain melawan E (East) dan W (West).

                                                                  N (north)

                             W (west)                                                            E (east)
              
                                                                  S (south)
    Apa yang ditawar oleh utara berlaku juga untuk selatan,dan demikinan pula sebaliknya. Jadi prinsip nya
,partner harus memenuhi syarat yang diucapkan oleh temannya,begitu pula sebaliknya.
    Mungkin tak perlu lagi ditekankan disini bahwa bridge kontrak merupakan permainan antar partner. Anda akan mendapatkan hasil yang baik, dan anda akan senang bermain kalau anda memang bekerja sama dengan partner,BUKAN melawannya.
    Pernakah anda menghadiri pelelangan?Semua yang hendak membeli objek yang akan dijual,mengajukan tawaran dan orang yang paling tinggi tawarannya boleh membelinya. Demikian juga dengan bridge. Setiap orang secara bergantian mendapat kesempatan untuk mengajukan penawaran yang lebih tinggi daripada tawarn sebelumnya, dan pemain yang paling tinggi tawarannya,yang memenangkan kontrak.
    Bridge kontrak ini dimainkan untuk mendapatkan angka, dan pelelangan merupakan usaha untuk mendapat angka-angka itu. Ini bukan berarti kita hanya ingin mencapai angka tertentu. Kita mengumpulkan angka sebanyak mungkin. Kalau berhenti,maka yang paling tinggi yang menang,sama seperti pelelangan.
    Untuk memenangkan permainan dan mendapatkan angka,kita harus mengenal dulu apa target-targetnya.
        Cara yang termudah untuk mendapatkan angka:
         1. memenangkan permainan dengan "rubbers"
         2. mendapatkan "slam"
         3. Mengumpulkan penalti dari lawan kalau tawaran mereka terlalu tinggi
    Permainan "Rubber" adalah 2 "Game" dari tiga buah game. Tapi kalau 2 permainan pertama sudah dimenangkan maka tak perlu permainan yang ketiga.
    Pada umumnya kita harus mengajukan tawaran yang tinggi untuk memenangkan game:
   --> sembilan trik dengan no tumrp(no truff)
   -->sepuluh trik dengan S atau H
   -->sebelas trik dengan C atau D
    Perbedaan antara sepuluh dan sebelas trik inilah sebabnya S dan H disebutkan sebagai " Suit Mayor " sedangkan C dan D disebutkan sebagai "Suit Minor".
    Jadi tujuan penawaran adalah : mencoba meramalkan setepat mungkin jumlah trik yang akan kita mainkan dan kita menangkan. tak ada gunanya mengajukan tawaran secukupnya saja agar dapat menjadi Declarer. Kita harus mengajukan tawaran sesuai dengan jumlah trik yang dapat kita menangkan. Kita hanya mendapatkan kredit(penilaian) sesuai dengan apa yang kita tawarkan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar