Selasa, 30 Agustus 2011

Dobel,Redobel,dan SUIT(urutan jenis kartu)

  A. DOBEL
  Pada waktu giliran kita untuk mengajukan tawaran kita dapat "mendobel" tawaran sebelumnya yang diajukan lawan. Dengan Dobel,dimaksudkan :" Lawan,kurasa kalian tak dapat memenuhi kontrak ini. Karena itu sekarang penalti yang anda dapatkan kalau gagal akan kutingkatkan."
    Tentu saja kita tak dapat mendobel partner sendiri,tapi hanya mendobel lawan. Juga harus memperhatikan bahwa kita hanya dapat mendobel tawaran sebelum kita. Kita tak dapat mendobel tawaran yang sudah digagalkan oleh tawaran lain yang lebih tinggi.
    Kalau kita mendobel lawan kita maka kita akan beruntung kalau musuh mendapat penalti. Tapi kita akan kehilangan angka/point kalau lawan tetap mendapatkan kontraknya. Dengan mendapatkan kontrak dobel maka lawan akan mendapatkan nilai lebih tinggi daripada kontrak yang tidak didobel.
(Sesungguhnya kata dobel ini kurang tepat,karena keuntungan atau kerugian yang didapatkan tidak dikalikan 2,kadangkala malah lebih besar lagi)
B.REDOBEL
    Kalau lawan mengira bahwa mereka dapat memenuhi kontrak mereka,maka ia mempunyai kesempatan untuk "redobel", setelah anda mengatakan dobel,maka kerugian dan keuntungan yang akan didapatkan kedua belah pihak akan semakin besar lagi
C.SUIT(urutan jenis kartu)
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya,setiap kali mengajukan tawaran,maka kita harus mengajukan tawaran yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ini dapat dilakukan dengan 2 cara:
    1. Menawar trik yang lebih besar
    2. Menawar jumlah trik yang sama tinggi,tapi untuk suit yang lebih tinggi ( atau  NT)
     Cara yang pertama memang mudah. Tawaran dua lebih tinggi daripada 1,tawaran 3 lebih tinggi daripada 2,dan demikian seterusnya.
      Urutan suit kartu
          NT-S-H-D-C


     Tawaran  1C merupakan tawaran yang terendah. Kalau pemain lain menawar 1C maka anda boleh menawar dengan 1D,lalu 1H,1S dan yang tertinggi adalah 1NT.Kalau kita sudah tidak dapat mengontrak 1,maka kita beralih ke angka 2. Contoh : kontrak kita pertama 1C,tapi digagalkan lawan,kita dapat mengontrak lagi dengan 2C. Dalam penawaran, diperbolehkan apabila menawarnya tidak urut..Contoh; dari penawaran 1D,lalu langsung ke 5D,aslakan kita sudah yakin bahwa kita dapat memenangkan 11 trik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar