Senin, 29 Agustus 2011

Pengetahuan Dasar Bridge

A.Peralatan yang dibutuhkan
-empat pemain (2 pasanag)
-2 tumpuk kartu ( deck kartu),tanpa joker
-sehelai kertas dan pensil.
B.Partner( kawan bermain)
-kawan bermain duduk berhadapan. Jadi dalam permainan ada 2 pasangan.
- pasangan utara-selatan,dan pasangan timur-barat
C. Toss (undian)
-Keempat pemain menarik kartu untuk mengetahui siapa yang akan menjadi pembagi kartu pertama kali(dealer).Pemain yang mendapatkan kartu tertinggilah menjadi pembagi pertama(dealer).
D.Pembagian kartu
-Pembagian kartu dilakukan seperti permainan kartu biasa,dimulai dari utara,lalu ke sebelah kiri(berlawanan dengan arah jarum jam).Setiap pemain mendapat 13 kartu. Pengambilan kartu harus secara bersamaan.Setelah itu,kartu yang didapat,dususun dari tinggi ke rendah,disusun sesuai dengan tipe kartu
E.Penawaran(bidding)
-Dealer yang berhak mengajukan tawaran pertama dan ia boleh mengajukan pass(tidak menawar).Sekarang ini tak usah kita pusingkan dulu apa artinya tawaran itu. Kita perhatikan saja bagaimana setiap pemain berbicara(menawar) bergantian,dengan arah jarum jam. Kadangkala suatu tawaran diikuti dengan ucapan 'pass' oleh pemain yang berikutnya. Kalo ketiganya sudah menyatakan 'pass' brarti proses penawaran sudah selesai.Bid yang terakhir yang diikuti oleh 3 buah pass,itulah yang disebut sebagai 'kontrak'.
-Kalau semua orang menyatakan pass,maka permainan dibatalkan dan pemain sebelah kirinya menjadi dealer berikutnya
F.Penawar(declarer) dan dummy (dumi)
-pada waktu dilakukan penawaran kartu-kartu di tangan,ada pemain yang melakukan tawaran tertinggi. Maka sisi pemain inilah yang disebut sebagai sisi yang mendeklarasi pemegang kontrak. Sedangkan lawan-lawan adalah pihak yang harus mempertahankan diri(defender).Setiap penawaran akan diikuti dengan nilai yang menentukan berapa trick kartu yang harus ia menangkan.Contoh: Bila ia menawar 1D,maka ia harus memenangkan (1+6) tumpuk kartu dengan truff diamond
G.Lead pembuka
-Kalau tawar-menawar sudah selesai,maka pemain di sebelah kiri declarer yang boleh membuka kartu pertama kali. Ia memilih kartu dari tangannya sendiri dan menempatkannya terbuka di atas meja.
H. Membuka dumi
-Begitu kartu pertama sudah dikeluarkan,maka partner dari declarer tadi(dummy) membuka seluruh kartu di tangannya,ditempatkan terbuka di atas meja.Semua kartu disusun berdasarkan jenis,mengarah ke partnernya.Truff selalu diletakkan di sebelah kanan Dummy. Mereka yang belum berpengalaman kadangkala sudah membuka kartunya sebelum kartu pertama dikeluarkan. Ini akan merugikan. Sesudah membuka akrtu,maka dumi hanya duduk diam dan mengikuti permainan sampai kartu terakhir dikeluarkan.
I.Trick pertama
-Declarer melihat pada dummy diseberang dan memilih satu kartu dari dumi,ditempatkan ditengah meja,bersama dengan kartu yang tadi keluar pertama kali.Kemudian partner dari leader(yang mengeluarkan kartu pertama tadi) mengeluarkan kartu dari tangannya sendiri,diikuti oleh declarer.
-Empat kartu yang sekarang diletakan di atas meja ini yang dikenal dengan sebutan trik. Pemenang akan mengambil kartu tersebut. Dengan demikian trik itu berakhir dan dimulai trik yang baru dengan empat kartu kain yang dikeluarkan.Maka seluruhnya dalam satu permainan terdapat 13 trik.
J. Trik berikutnya
-Kartu pertama dari setiap trik disebut lead. Pemain yang memenangkan trik boleh menjadi leader untuk trik berikutnya. Jadi ia boleh mengeluarkan kartu dari tangannya terlebih dahulu.proses ini dilanjutkan sampai semua kartu habis dikeluarkan. Kalau declarer memenangkan suatu trik maka keempat kartu diambilnya, dan disusun dalam tumpukan yang rapi,dengan gambar di bawah.
K.Suit berikutnya
-Pada setiap trik setiap pemain diharuskan mengeluarkan kartu yang sama jenis dengan kartu yang dikeluarkan oleh leader(pertama dari setiap trik). Kalau kartu pertama dalam trik itu ialah S,maka yang lainnya juga harus mengeluarkan S,apabila tidak punya,baru boleh mengeluarkan kartu lainnya atau dilawan dengan truff untuk memenangkan trik tersebut.
L.Pembuangan kartu
-Kalo kita tak bisa mengeluarkan kartu dengan suit yang sama,maka kita boleh mengeluarkan kartu dengan suit yang lain.Kartu yang dibuang dengan percuma inilah yang disebut dengan "Buangan"
M.Memainkan truf dan memenangkan trik
-Suit yang disebutkan pada tawaran terakhir dikenal dengan sebutan "truf".Ini berlaku untuk ketigabelas kartu suit tersebut.Kalo seorang pemain memulai trik dengan suatu kartu yang bukan truf,dan kita tak mempunyai suit yang sama,kita dapat memenangkan trik dengan melakukan truf. Inilah yang sering disebut dengan permainan Truff.
-Trik yang mencakup beberapa truf dimenangkan oleh truff tertinggi nilainya. Trik yang hanya satu truf dimenangkan oleh truf tersebut. Yang tidak mempunyai truf,dimenangkan oleh kartu tertinggi.
N.Skore(scoring,pemberian angka)
-Kalau ketiga belas trik sudah dimainkan,maka dapat ditulis berapa skore untuk papan itu. Notes untuk mencatat skore harus selalu disiapkan disudut meja,dapat dilihat oleh setiap pemain kapan saja.kalau perlu dapat disediakan 2 buah catatan,satu disetiap sisi.
- mengenai pemberian nilai masih perlu dibahas lebih lanjut,tapi ini akan diuraikan sedikit demi sedikit.Sebelum mulai mempelajari pemberian nilai,kita harus tahu dulu apa sesungguhnya arti tawar menawar itu.

(peraturan bridge itu cukup banyak dan rumit,untuk itu tidak hanya dipelajari saja,tapi juga harus sering dipraktekan agar melatih kemampuan bermain bridge)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar